Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Produksi Manufaktur
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
Kamis, 24 April 2014
 
KISAH SUKSES

Rabu, 23 Juli 2008 08:08:08
Arif Prasetyo:

Lahir : Boyolali, 18 Oktober 1985
Pendidikan : D-3 Mekatronika USD (2004–2007)
Job Experience : Schneider Electric Company (2007–2008) Product Application Engineer
PT. Timah (Persero) Tbk. (2008–sekarang) Mechatronics Supervisor
Website : www.ry-ryf.blogspot.com

Setelah penantian panjang selama kurang lebih 4 bulan (November 2007 – Februari 2008). Akhirnya pada akhir Februari 2008, hasil seleksi Karyawan PT. Timah ( Persero ) Tbk. Keluar dan saya termasuk dari salah satu yang lolos dan diterima sebagai karyawan di PT. Timah ( Persero ) Tbk. dari lebih 20.000 peserta dari seluruh indonesia dan akhirnya total yang lolos dan diterima adalah sebanyak 158 orang. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, karena dari sekian banyak peserta hanya saya sendiri yang lolos dan diterima untuk menempati posisi karyawan dari jurusan “Mekatronika” karena PT. Timah hanya membutuhkan 1 orang untuk posisi Staff Mekatronika. Dan mungkin ini juga akan menjadi suatu kebanggaan bagi Almamater saya Universitas Sanata Dharma , khususnya Jurusan Mekatronika dan para dosen-dosen yang telah mendidik dan membesarkan saya hingga menjadi seperti saat ini.

Meski demikian apa yang telah saya capai saat ini masih jauh dari impian, untuk itu dalam kesempatan emas ini saya ingin mengembangkan karier seluas-luasnya dan mengabdi kepada negara tercinta Republik Indonesia melalui Perusahaan BUMN yang bergerak di pertambangan Timah yaitu PT. Timah ( Persero ) Tbk. serta mampu memberi kontribusi yang berharga bagi Alumni “Mekatronika” baik dalam bentuk Ilmu, peluang kerja maupun pengalaman kerja yang telah saya dapatkan.

Saat ini saya di tempatkan di Unit Metalurgi ( Smelting & Refining ) PT. Timah ( Persero ) Tbk. yang berada di Mentok , Bangka Barat sebagai “Mechatronics Supervisor” (untuk sementara ) , dalam waktu dekat akan berada di jajaran Struktural PT. Timah ( Persero ) Tbk. Berbekal pengalaman kerja sebelumnya di Schneider Electric Company, saya pernah menangani proyek di PT. Krakatau Steel di Cilegon, Banten untuk pengerjaan sistem otomasi pada peleburan logam, bisa menjadi pemacu semangat kerja untuk berprestasi dan mengembangkan karier di PT. Timah ( Persero ) Tbk. Jujur saja saya tidak pernah berfikir sebelumnya kalau akan diterima dan bekerja di PT. Timah ( Persero ) Tbk.  Ada sebuah dorongan yang sangat kuat yang membuat saya untuk masuk ke perusahaan ini, dan Puji syukur kepada Tuhan saya diterima di PT. Timah ( Persero ) Tbk. Segala sesuatu yang saya dapatkan ini bukanlah suatu kebetulan, semua sudah diatur, direncanakan dan ditetapkan oleh Tuhan bagaimana masa depan kita kelak ( karier, jodoh, ekonomi dll ). Namun semua itu tiada hasil jika kita hanya pasrah pada takdir kita. Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang, apabila kita sendiri tidak mau berusaha untuk melakukan sesuatu untuk membuat impian dan cita-cita menjadi kenyataan.

Buat teman-teman Alumni dan Seluruh Civitas Akademik Universitas Sanata Dharma, Khususnya teman-teman dari “Mechatronics Department”, pelajari dan kembangkan ilmu yang kalian dapatkan kemudian kuasailah dunia ini dengan Ilmu dan Skill yang kalian dapatkan karena kedepan Mekatronika akan sangat di butuhkan baek dalam industri manufaktur, Pharmaceutical, Food, Health, Mining dan masih banyak yang lainnya. Jangan menyerah pada keadaan dan keterbatasan, Satu pesan penting yang ingin saya sampaikan “ Perusahaan besar dan solid manapun tidak akan memecat/memberhentikan karyawan hanya dengan alasan karena tidak memiliki Ilmu (knowledge) dan Ketrampilan ( Skill ) yang cukup/memadahi , tapi banyak perusahaan besar dan solid yang memecat/memberhentikan karyawan karena memiliki sikap/perilaku ( Attitude ) yang menyimpang seperti tidak disiplin kerja, sering membantah/beralasan yang tidak masuk akal, bermalas-malasan dll, dan ini juga terjadi juga di PT. Timah ( Persero ) Tbk.” . Maka dari itu, sejak saat ini bangun, asahlah Ilmu dan Skill kalian dan imbangi dengan sikap/perilaku yang baik, karena hal itu akan menentukan arah masa depan kalian di dunia kerja dan rumah tangga kelak jika sudah berkeluarga. Amien……